Categories
Dunia Enterpreneur

Kian Langka, Pengusaha Mebel Minta Pemerintah Stop Ekspor Rotan

Gangguan hubungan dagang kedua pihak dimungkinkan terjadi mengingat sejarah dinamika hubungan keduanyaa berfluktuasi, mengalami krisis dan ketegangan yang berimbas pada sektor ekonomi. Perselisihan dagang keduaanya pernah terjadi terkait komoditi impor sapi Australia, dimana Indonesia mempunyai ketergantungan tinggi pada komoditi ini. Akibat memburuknya hubungan diplomatik kedua negara, Australia menyetop kran ekspor sapi sehingga menimbulkan kekacauan di pasar Indonesia karena mahalnya harga daging sapi. Skenario semacam ini dimungkinkan terulang dimasa mendatang pada kasus gandum.

Ekspor bahan- bahan langka

Dalam konferensi tersebut turut dihadiri Menteri Keuangan dan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Republik Indonesia. Barang ekspor yang ditegah berupa satwa yang dilindungi kerang langka, kayu dan rotan yang diduga hasil unlawful logging, dan bijih merkuri yang diduga hasil penambangan ilegal. Untuk menjaga keamanan serta keselamatan barang impor sampai tujuan, penggunaan asuransi dapat dijadikan sebuah pilihan yang tepat.

Terkait hal tersebut, dikatakannya, Himki sudah membahasnya melalui kegiatan “focus group discussion” yang diselenggarakan beberapa waktu di Cirebon. Sebagaimana diketahui, Cirebon juga merupakan salah satu sentra produksi rotan di dalam negeri. Ia berharap melalui peran pemerintah maka kelangkaan tersebut dapat teratasi sehingga target ekspor rotan hingga lima tahun ke depan dapat dipenuhi. Eddy pun menyinggung adanya Kampung Wisata Rotan Galmantro yang diharapkan dapat menjadi salah satu cara untuk menggerakan kecintaan masyarakat akan produk dalam negeri. “Kami Aprindo mendukung kebijakan pemerintah, sebanyak 52rb retail memastikan seluruh produk-produk kebutuhan pangan dapat dipenuhi oleh retail. Diharapkan masyarakat berbelanja dengan wajar dan regular, kita terus tetap akan memenuhi kebutuhan masyarakat Indonesia,” tandasnya.

Selain itu juga mempunyai keunikan, karena bahan baku yang langka di dalam negeri, bisnis ini juga memiliki potensi untuk memberi keuntungan yang berlipat karena persaingan otomatis menjadi minim. Impor dilakukan dengan cara authorized dan juga sudah diatur oleh pemerintah indonesia. Peraturan ini juga berguna untuk mengendalikan agar tidak terlalu banyak produk dari luar negeri yang masuk ke dalam negeri. Dengan begitu, para pelaku usaha yangada di dalam negeri masih dapat memproduksi barang dan tidakmengalami persaingan yang ketat dalam perdagangan. Dalam pengertiannya, impor ialah suatu kegiatan untuk dapat memasukkan barang dagangan ataupun bahan mentah lainnya yang berasal dari luar negeri menuju ke dalam negeri. Istilah impor memang sudah banyak diketahui baik oleh masyarakat awam hingga pada para pemilik bisnis.

Teknologi batubara bersih ini difokuskan untuk mengurangi emisi yang dihasilkan oleh pembangkit listrik bertenaga batubara namun teknologi ini belum berkembang cukup baik. Kegiatan-kegiatan hulu yang terkait dengan pertambangan batubara, seperti pengembangan waduk-waduk coalbed methane yang potensinya banyak dimiliki oleh Indonesia, telah mulai mendapatkan perhatian belakangan ini. Sejak awal tahun 1990an, ketika sektor pertambangan batubara dibuka kembali untuk investasi luar negeri, Indonesia mengalami peningkatan produksi, ekspor dan penjualan batubara dalam negeri. Namun penjualan domestik agak tidak signifikan karena konsumsi batubara dalam negeri relatif sedikit di Indonesia.