Categories
Dunia Enterpreneur

Eksportir Andalkan Biji Kopi Jadi Komoditas Ekspor

Menurut Badan Pusat Statistik per April 2020, lima besar tujuan ekspor Indonesia adalah Cina, Jepang, Amerika Serikat, India, dan Australia. Indonesia dikenal dunia dengan model Bali-nya, sebagai negara tujuan wisata menarik untuk dikunjungi para wisatawan dari berbagai mancanegara. Selain Bali, Indonesia juga dikenal sebagai negara kopi, teh, karet, dan berbagai komoditi lainnya.

Membuat sebuah komunitas Ekspor

Vietnam tampak agresif dalam mencari companion dagangnya, serta lihai dalam memaksimalkan potensi pasar terkini di dunia. Perbaikan ekonomi AS yang terindikasi menjadi negara tujuan ekspor pertama di dunia berhasil dimanfaatkan Vietnam untuk ikut memasarkan hasil industrinya ke sana. Terbukti dari destinasi ekspor Vietnam yang menempatkan negara adidaya itu di peringkat pertama (21%), sedangkan Indonesia hanya di posisi kedua setelah Tiongkok (11%).

Indonesia tidak sepenuhnya memanfaatkan rejeki dari pendapatan sumber daya alam secara produktif, sehingga kehilangan kesempatan untuk menikmati pertumbuhan yang tinggi secara berkelanjutan. Pertama, pertumbuhan komoditas sebagian besar bersifat nominal dan bukan riil. Sebaliknya, ditengah kenaikan harga komoditas, quantity produksi minyak malah turun dan investasi pertambangan pada kapasitas produksi baru hampir tidak ada. Yang terjadi pertumbuhan nilai complete ekspor komoditas berasal dari kenaikan harga, bukan dari kenaikan produksi.

Demikian juga ekspor kumulatif non migas mencapai US$ 79,forty four miliar atau naik 30,31%. Oleh karena itu, spekulan biasanya tidak memiliki kontrak berjangka, namun mampu mendapatkan keuntungan dengan memanfaatkan harga komoditas yang fluktuatif. Sedangkan untuk spekulan adalah pedagang di pasar komoditas dan melakukan aktivitas perdagangan dengan tujuan memperoleh untung.

Komoditas dari jenis ini sendiri masih bisa dibedakan menjadi dua jenis lagi, yaitu logam industri dan logam berharga. Komoditas adalah sebuah produk atau barang yang bisa diperdagangkan dengan tujuan untuk mendapatkan keuntungan. Perdagangan komoditas juga dapat dilakukan dengan cara menukarnya dengan produk atau barang yang, dengan catatan nilai dari kedua barang tersebut sepadan. Pentingnya infrastruktur dan kelancaran logistik disadari oleh Vietnam demi menjaga daya tarik investasi.