Categories
Dunia Enterpreneur

Bem Fakultas Pertanian Untad Bangun Semangat Berbisnis Mahasiswa Melalui Seminar Pelatihan Nasional & Pameran Kewirausahaan

Atta menggarisbawahi hal-hal mendasar yang harus dipegang untuk meraih sukses dalam bisnis. “Setiap pagi sebelum sekolah, saya jualan mainan dan sandwich buat nutupin ongkos transportasi ke sekolah. Meski masih belum bisa untuk bayar uang sekolahnya,” kenang Atta. Tidak ada yang mengatur atau memerintah ketika kita memilih untuk menjadi seorang pebisnis. Kualitas hidup yang tidak pasti hingga usaha yang didirikan mencapai keberhasilan.

Misalnya mengurangi nongkrong-nongkrong dengan teman, tidak menghambur-hamburkan uang, dan menjalani bisnis dengan serius. Hal itu akan membuat masa depan Anda menjadi lebih cemerlang karena banyak yang Anda usahakan di usia muda tersebut. Mitra bisnis juga akan menyukai apabila Anda memiliki semangat usaha yang besar. Saiman menyatakan faktor yang mempengaruhi seseorang untuk berwirausaha yaitu laba , kebebas , impian personal , dan kemandirian . Makanya, ia harus tahu dan merasakan pengalaman, mulai dari merintis, mengembangkan, menjalankan hingga bisa menikmatinya. Dengan kesuksesan yang kini ia genggam, Suhandi mulai melirik peluang baru yang kini tampaknya menjadi kebutuhan orang.

Jangan sampai Anda menyerah setelah satu atau dua bulan berbisnis karena tidak memiliki waktu. Beliau turut menambahkan bahwa untuk berbisnis seseorang harus pandai mengamati potensi diri dan segera bertindak untuk memulai bisnis sesuai dengan impian dan harapan nya. Terlalu banyak berteori tanpa ‘action’ akan membuat anda tidak menjadi pebisnis yang handal. “Rugi pernah, ditipu orang juga pernah, dikomplain pelanggan juga sering. Setelah beberapa kali mendapat upah dari jasa make-up, mahasiswa semester tujuh itu memutar otak untuk mencoba bisnis lain. Ia menggunakan upah dari hasil jasa make-up untuk menjajal peruntungan dengan berjualan kerudung dan kaos kaki.

Asalkan kamu punya kesabaran dan ketelitian dalam mengurus orang tua, kamu sudah mempunyai modal yang cukup untuk jadi perawat manula. Selain itu agar kualitas kesejahteraan hidup meningkat, luangkanlah waktu untuk menjalankan hobi serta membangun hubungan dekat dengan pemilik bisnis lainya. Sebuah bisnis tidak akan berjalan lancar bila kesejahteraan pemilikinya tidak terbangun dengan baik. Jangan hanya tekad, juga harus diimbangi dengan praktek yang disiplin, tekun dan rajin.Disitulah nantinya akan muncul bakat.

Kemauan untuk berbisnis

Sikap di atas akan membantu Anda dalam mengembangkan bisnis ke arah yang lebih baik. Oleh karena itu, sebagai pengusaha, Anda harus punya tekad yang sungguh-sungguh kuat untuk menjalankan motion plan yang sudah direncanakan dari awal. Selain itu, hal tersebut juga akan membantu para wirausahawan baru untuk selalu berkembang dan mampu mengatasi masa-masa sulit. Tanpa kemauan dan gairah, bisa dipastikan bisnis tak akan dapat bertahan lama. Wakil Ketua Umum KADIN Indonesia ini berharap, dengan semakin banyaknya millenial yang terjun ke dunia usaha, akan membuat cita-cita Indonesia berdaulat di sektor ekonomi bisa cepat terwujud.

Seseorang yang memiliki karakter wirausaha selalu tidak puas dengan apa yang telah dicapainya. Wirausaha adalah orang yang terampil memanfaatkan peluang dalam mengembangkan usahanya dengan tujuan untuk meningkatkan kehidupannya. Minat berwirausaha adalah rasa ketertarikan terhadap kegiatan berwirausaha yang menciptakan suatu usaha yang bermanfaat bagi diri sendiri dan lingkungan sekitar.

Kemudian bagaimana cara mengatur harga produk yang kita jual biar menghasilkan untung namun, dengan harga yang tetap murah agar menarik pembeli?. Kak Putra Ghadang menjawab bahwa dalam produk Makaroni sebelum menjualnya ada saatnya untuk menghitung perikiraan berapa harga jual yang bisa dijangkau oleh masyarakat seperti perlengkapan,bahan dan sebagainya. Kami pernah melakukan testimoni pasar dengan harga Rp.three.500-, hingga menjadi berpikir dengan mengeluarkan harga Rp.5.000-,. Berbisnis dengan kreatif sangat disarankan agar bisnis dapat terwujud. Oleh karena itu, bagaimana cara mendapatkan ide usaha baru Ketika dalam usaha kita tidak ada kemajuan?.

Sementara itu, menurut Zainun Mu’tadin, M.Psi, Dosen Psikologi UPI YAI, orangtua harus menanyakan anaknya hal-hal yang memancing kreativitas. Anak akan dilatih untuk memiliki beberapa alternatif jawaban dan solusi. Dengan alternatif tersebut, anak mampu mengambil keputusan yang tepat dari berbagai pilihan yang ada.Tentu saja jiwa wirausaha pada diri anak tidak serta-merta ada, tapi memerlukan latihan bertahap. Bisa dimulai dari hal-hal kecil dalam aktivitas keseharian anak.

Meskipun niat baik dan kerja keras, kadang-kadang Anda akan gagal. Beberapa pengusaha sukses mengalami kemunduran dan Gatot , bahkan kebangkrutan, namun berhasil dengan cepat bangkit untuk menjadi besar di bidang mereka. Keberanian Anda untuk bertahan dalam menghadapi kesulitan dan kemampuan untuk bangkit kembali setelah kegagalan, akan menjamin kesuksesan Anda selanjutnya. Setiap pengusaha sukses selalu bekerja keras dan lebih keras lagi. Tidak ada mencapai sukses hanya dengan duduk dan menatap dinding setiap hari.

Jiwa semangat ini juga memiliki peran penting dalam berbisnis, ditambah dengan peluang dalam bisnis yang dijalankan yang juga semakin besar. Ada banyak anak-anak muda yang memiliki ambisi dan antusias yang bagus, terutama dalam hal bisnis atau usaha. Jiwa muda mereka membawa mereka ke sikap yang kreatif dan inovatif sehingga cocok menjalankan usaha. Namun, mereka juga masih membutuhkan bimbingan yang tepat karena pengalaman masih minim.